Browse » Informasi Sekolah » Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik

Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik

Tidak semua siswa memiliki keunggulan dibidang akademik justru justru beberapa siswa menonjol dalam bidang seni dan olahraga . Olehkarena itu pada postingan kali ini diberi judul Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik. itulah pernyataan yang sering kita jumpai.
Kegiatan Akademik dan Non Akademik
Sebelumnya perlu kita bahas Apa Akademik itu? dan Apa non-Akademik itu?. Akademik adalah seluruh lembaga akademis . Itu adalah ilmiah , sifat ilmu pengetahuan , teori ini adalah jawaban praktis yang berarti secara langsung . Baik pendidikan formal akademik anak usia dini , pendidikan dasar , pendidikan menengah , pendidikan kejuruan dan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dalam satu cabang atau sebagian cabang ilmu pengetahuan , teknologi , dan atau seni tertentu .

Sedangkan kegiatan non - akademik dalam sekolah/Madrasah sering dinamakan kegiatan ekstrakurikuler. Yaitu kegiatan di luar materi pelajaran sekolah wajib . Kegiatan ekstrakurikuler dilakukan peserta didik atau mahasiswa , dari jam belajar kurikulum standar . Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi . Kegiatan ekstrakurikuler dimaksudkan untuk memungkinkan siswa untuk mengembangkan kepribadian , bakat , dan kemampuan dalam berbagai bidang di luar bidang akademik . Kegiatan ini diadakan secara independen dari sekolah dan siswa sendiri untuk kegiatan perintis di luar jam sekolah .

 
Dan yang lebih penting mana,  antara akdemik dan non - akademik ? Keduanya sama-sama penting . Untuk itu , kita membutuhkan suatu cara untuk menyeimbangkan antara keduanya.

Sebuah Pilihan


Dalam hidup  kita perlu terlebih dahulu membuat daftar prioritas dari hal yang terpenting , kemudian hal yang agak penting sampai hal yang kurang begitu penting . Jika minat kita dalam olahraga memiliki minat yang kuat di bidang akademik , itu berarti kita harus rela kehilangan waktu untuk Online di Facebook, nonton TV, bermain game online dan hal-hal lain sehingga memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tugas . Sementara kegiatan ekstra kurikuler tidak benar-benar wajib , mereka pasti memainkan peran penting dalam pendidikan , melengkapi apa yang kita pelajari di kelas . Salah satu cara terbaik untuk menjaga diri termotivasi adalah untuk menyeimbangkan hadiahi diri Anda sendiri .

 
Beberapa poin untuk dapat dijadikan  pertanyaan prioritas :


• Berapa jam yang diperlukan untuk mengulang pelajaran disekolah/Madrasah  ?
• Dapat mengejar ketinggalan materi pelajaran jika kita mengikuti non - akademik ?
Apakah kita memiliki waktu luang yang cukup untuk berpartisipasi dalam kegiatan lain misalnya non - akademik  ?
Pilihlah kegiatan yang menurt anda benar-benar penting ?

Dari pertanyaan –pertanyaan tersebut kita dapat memprioritaskan kepentingan diri sendiri dan mengarahkan hidup ke arah yang benar , sehingga pendidikan akademis tidak hanya tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan profesional melalui ekstrakurikuler.

Demikian postingan Perlunya Keseimbangan Kegiatan Akademik dan Non-Akademik, terimakasih atas kunjungannnya, ditunggu kunjungan berikutnya...


tgl-post2014-09-27 author-postAbdul Basith label-postInformasi Sekolah
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas