Browse » Informasi Sekolah » Think Pair Share - Tekhnik pembelajaran untuk Meningkatkan MINAT Belajar Siswa

Think Pair Share - Tekhnik pembelajaran untuk Meningkatkan MINAT Belajar Siswa

Kali ini admin mencoba memunculkan informasi tentang Think Pair Share - Tekhnik pembelajaran untuk Meningkatkan MINAT Belajar Siswa. Pembelajaran Kooperatif TPS atau sering disebut Think Pair and Share, merupakan teknik yang banyak dipakai untuk meningkatkan MINAT Belajar pesrta didik Khususnya di MTs MINAT Kesugihan.

Mungkin banyak dari Bapak/Ibu Guru yang telh melakukan metode  Think Pair and Share, namun disini akan kami suguhkan beberapa lngkah yang atau inti dari tekhnik Tekhnik Pembelajaran Kooperatif TPS. Dari beberapa penelitian para pakar pendidikan menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) yang dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik yaitu:

1.) guru mengajukan beberapa pertanyaan atau soal yang berkaitan dengan pelajaran, sementara peserta didik menggunakan waktu beberapa menit untuk berpikir sendiri secara logis untuk mendapatkan jawaban yang telah diberikan oleh guru proses ini yang disebut dengan istilah Think;

2.) peserta didik bekerja secara berkelompok, dimana setiap anggota kelompok sudah ditentukan dan dibentuk oleh Pendidik atau Guru. Kelompok ini terdiri dari pasangan peserta didik yang heterogen kemampuannya secara akademik dan jika memungkinkan heterogen secara jenis kelaminnya kemudian setiap kelompok diberikan nomor dada, Pada tahap ini siswa menyelesaikan dan mengerjakan masalah dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah di berikan oleh guru tahapan ini disebut dengan Pair;

3.) Setelah masing-masing peserta didik bekerja dengan pasangannya, pada tahap ini peserta didik dari masing-masing pasangan di minta untuk mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilaksanankan. Pada tahap ini siswa melakukan berbagi dengan pasangan-pasangan yang lain. Tahapan atau proses ini disebut dengan Share.

Aktivitas peserta didik adalah segala kegiatan pembelajaran baik aktivitas kooperatif (kerjasama), maupun aktivitas individu yang dilakukan oleh peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis aktivitas yang diteliti dalam proses pembelajaran adalah meliputi :

1) Visual activities,

2) Oral activities,

3) Listening activities,

4) Motor activities,

5) Writing activities,

6), Mental activities,

7) Emotional activities.

Aktivitas tersebut mendukung segala bentuk kegiatan yang terkait dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair share(TPS). Aktivitas belajar siswa diukur dengan lembar observasi sesuai dengan tahapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Dari penelitian yang telah dilakukan para pakar pendidikan, aktivitas belajar siswa dapat meningkat dari siklus I yang hanya mencapai 43,33% atau 13 siswa yang aktif menjadi 76,67% atau 23 siswa aktif pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik.

Demikian sedikit informasi tentang Think Pair Share - Tekhnik pembelajaran untuk Meningkatkan MINAT Belajar Siswa , mungkin dapat sedikit memberikan inspirasi para pembaca. terima kasih atas kunjungan.


tgl-post2014-09-27 author-postAbdul Basith label-postInformasi Sekolah
Print BeritaPrint PDFPDF



Ada 0 komentar untuk berita ini
Tinggalkan Komentar

Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.websitekamudong.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas